Sabtu, 03 September 2011

Kaki Cantik Tanpa Varises

jika Anda mengalami varises atau memiliki keturunan keluarga yang menderita varises, Anda dapat melakkukan cara-cara berikut untuk mencegah timbulnya varises sekaligus mengurangi keluhan akibat varises:

·         Jaga berat badan tetap ideal

Berat badan yang belebih dapat membuat kaki menahan beban yang berat sehingga beresiko mengalami varises.

·         Jangan berdiri dan duduk diam lterlalu lama.

Berdiri terlalu lama dapat menyebabkan pelebaran pada pembuluh darah. Begitu juga jika duduk terlalu lama, sebaiknya diselingi dengan berjalan kaki.

·         Gunakan kaos kaki

Jika Anda memiliki gen penyebab varises, sebaiknya gunakan kaos kaki elastis, jika mungkin, pakailah kaus kaki panjang yang mencapai lutut. Penggunaan kaos kaki khususnya diperlukan saat berada di ketinggian seperti saat berjalan-jalan di pegunungan atau saat naik pesawat.

·         Hindari pakaian dalam yang terlalu ketat

Pakaian yang terlalu ketat dapat menghambat sirkulasi darah ke jantung.

·         Lakukan olahraga yang sesuai

Olahraga ringan seperti berjalan, jogging atau bersepeda dapat menguatkan dinding pembuluh darah vena dan melancarkan peredaran darah. Sedangkan, olahraga yang menyebabkan kontraksi otot yang mendadak dan berat seperti angkat beban sebaiknya dihindari.

·         Konsumsi vitamin C

Vitamin C sangat bermanfaat untuk menguatkan dinding pembuluh darah, maka konsumsi yang cukup dapat mencegah pelebaran pembuluh darah.

·         Letakkan posisi kaki lebih tinggi pada saat tidur

Agar darah dapat lebih lancar menuju jantung, saat tidur bisa meletakkan kaki diatas bantal atau ditempelkan di dinding dengan posisi lebih tinggi dari kepala. Hal ini khususnya dapat dilakukan jika telah terjadi pembengkakan akibat pembuluh darah yang menonjol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar